Minggu, 01 Oktober 2017

KI mahasiswa STMIK PRINGSEWU di Kampoeng CYBER Rt 36

MAHASISWA STMIK PRINGSEWU KUNJUNGI KAMPOENG CYBER RT 36


Kampoeng berbasis teknologi (IT) kampong CYBER Yogyakarta menjadi tujuan kunjungan industry (KI) Mahasiswa STMIK pringsewu pada hari kedua, selasa (10/2).
Sehari sebelumnya, mahasiswa mengunjungi perusahaan Andi Offset di Yogyakarta. Kehadiran rombongan KI di RT 36 Taman Kampoeng Cyber kelurahan patehan kec. Kraton Kab. Yoyakarta disambut ketua RT serta pengurus taman Kampoeng Cyber sasongko wahyu kusumo atau yang akrab dipanggil dengan koko.
Didepan mahasiswa koko memaparkan program pemberdayaan masyarakat melalui teknologi informasi dari Kampoeng Cyber diawali pada bulan juli 2007, dimana saat itu hanya 5 kepala keluarga yang mengerti internet dan memililki komputer.
“saat ini taman Kampoeng Cyber dihuni oleh sekitar 40 kepala keluarga, dan setiap rumah telah mengerti internet dan memiliki komputer masing-masing,” ujar koko.
Menurutnya system penggunaan internet berupa pemasangan kabel yang tersambung disetiap rumah. Selain itu di beberapa sudut wilayah Kampoeng Cyber terpasang IP camera yang tersambung langsung ke setiap rumah sehingga setiap rumah bisa memantau siapa saja yang keluar masuk di Kampoeng Cyber.
Dibidang pemberdayaan usaha, lanjut koko, Kampoeng Cyber mempromosikan melalui website seperti hasil kerajinan batik, alat pemancingan, perdagangan dan produksi jasa.
Mengenai dampak negative internet terhadap anak-anak, seperti akses pornografi, sudah diantisipasi dengan pemblokiran beberapa situs-situs tertentu,”tandasnya.
Sementara itu, koordinator rombongan kunjungan industry Nur Aminudin, M.T.Iberharap, kehadiran mahasiswa STMIK pringsewu di Kampoeng Cyber dapat mengambil pengalaman serta mempelajari system IT yang diterapkan. Datang kesini bukan hanya menonton saja, bila perlu seluruh mahasiswa STMIK pringsewu bisa menerapkan system IT Kampoeng Cyber dilingkungan tinggalnya masing-masing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar